Kamis, 01 Juni 2017

contoh outline penelitian geografi

OUTLINE PENELITIAN
A.Judul
“UPAYA GURU MENINGKATKAN CREATIVE INTELLIGENCE (KECERDASAN KREATIF) SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI IPS TERPADU DI KELAS VIIA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KATOLIK KUALA II KECEMATAN KEMBAYAN KABUPATEN SANGGAU

B.Masalah Penelitian
Bagaimanakah Guru Meningkatkan Creative Intelligence (kecerdasan kreatif) Siswa Pada Pembelajaran Geografi IPS Terpadu di Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau ?

C.Sub Masalah Penelitian 
  1. Bagaimanakah Upaya Guru Meningkatkan Creative Intelligence (kecerdasan kreatif) Siswa Melalui Metode Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Geografi IPS Terpadu di Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau ?
  2. Bagaimanakah Penerapan Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Geografi IPS Terpadu di Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau ?
  3. Apakah Dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Dapat Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Geografi IPS Terpadu di Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan ?
D.Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah di atas, penelitian ini bertujuan :
  1. Ingin mengetahui kecerdasan kreatif siswa melalui metode diskusi kelompok serta implementasinya dalam pembelajaran geografi di kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.
  2. Ingin mengetahui tingkat kreativitas siswa melalui metode diskusi kelompok pada Pembelajaran Geografi IPS Terpadu di Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.
E.Manfaat Penelitian 
1. Secara Teoritis
Penelitian ini diharapkan agar dapat memberikan kontribusi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan dalam proses belajar mengajar terutama dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran.
2. Secara Praktis
    a.Bagi Siswa
  • Penelitian ini diharapkan agar siswa menjadi kreatif dalam pembelajaran. Sehingga dalam proses pembelajaran siswa lebih berperan aktif.
    b. Bagi Guru
  • Penelitian ini diharapkan agar dapat memberi kontribusi dalam kegiatan belajar mengajar.
    c.Bagi Peneliti
  • Penelitian ini diharapkan memberi informasi dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran geografi dengan meningkatkan kreativitas siswa melalui metode diskusi kelompok. Dan sebagai   referensi bagi penulis sebagai calaon tenaga pengaajar dan pendidik.
 F.Variabel Penelitian
Adapun yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah :
1.Variabel Bebas
Adapun yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah Creative Intelligence (kecerdasan kreatif) siswa pada Pembelajaran Geografi IPS terpadu di kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.
2. Variabel Terikat
Adapun yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini adalah Metode Diskusi Kelompok pada Pembelajaran Geografi IPS terpadu di kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Katolik Kuala II Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.

 G.Metode dan Bentuk Penelitian 
1.Metode Penelitian
Metode Diskriptif
2.Bentuk Penelitian
Studi Survei (Survey Studies)

 H.Teknik Dan Alat Pengumpulan Data
    1.Teknik Pengumpulan Data
    a.Teknik komunikasi langsung
    b.Teknik observasi langsung
    c.Teknik komunikasi tidak langsung
    d.Teknik studi dokumenter
    2.Alat Pengumpulan Data
    a.Panduan wawancara
    b.Panduan observasi
    c.Lembar kerja siswa

 I.Rencana Analisis Data
Data yang diperoleh dari analisis dengan menggunakan Teknik Persentase, menurut Nana Sudjana (1984 : 49) dengan rumus sebagai berikut :
X%    = n/N x 100%
Keterangan :
X%     = Presentasi yang dicapai/dicari
n    = Hasil observasi (skor jawaban pada tiap item)
N    = Jumlah sampel (jumlah skor total)


mengetahui,                                                      pontianak,02 Mei 2017
ketua prodi pendidikan geografi                             diajukan oleh,


Dra, Urai Titin Hiswari, M.Si                                 dewit barces

                                        
                                                            mengetahui,
                                    pembantu ketua I STKIP PGRI Pontianak

                                        
                                              Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd












Tidak ada komentar: