Jumat, 30 Januari 2015

Panduan Micro Teaching IKIP-PGRI Pontianak

Lampiran 1.
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN
MENUTUP PELAJARAN

Nama Praktikan          : …………………………         Tanggal                : ………………………………
Bidang Studi               : …………………………         Sekolah                : ………………………………
Pokok Bahasan          : …………………………         Kelas                    : ………………………………
Sub Pokok Bahasan : ...…………………… .…          Pengamat:            : ………………………………

Komponen – komponen Keterampilan
Frekuensi Penggunaan
Komentar
MEMBUKA PELAJARAN
1. Menarik perhatian siswa :
a.        Gaya mengajar guru
Memilih posisi (di depan, di tengah, di belakang
Memilih kegiatan (membaca, bercerita,  demonstrasi)
b.        Penggunaan Alat – Alat Bantu Mengajar :
Gambar
Model
Skema
c.        Pola intruksi yang bervariasi
Guru                   -                Guru
Siswa                  -                Guru
Siswa                  -                Siswa
2. Menimbulkan motivasi :
a.        Kehangatan dan keantusiasan
b.        Menimbulkan rasa ingin tahu
c.        Mengemukakan ide
d.        Memperhatikan minat siswa
3. Memberikan acuan (structuring) :
a.        Mengemukakan tujuan dan batas – batas tugas
b.        Menyarankan langkah – langkah yang akan dilakukan
c.        Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
d.        Mengajukan pertanyaan – pertanyaan



…………………………
…………………………

…………………………
…………………………
…………………………

…………………………
…………………………
…………………………

…………………………
…………………………
…………………………
…………………………

…………………………
…………………………
…………………………
…………………………



………………….
………………….

…………………
………………….
………………….

………………….
………………….
………………….

………………….
………………….
………………….
………………….

………………….
………………….
………………….
………………….

MENUTUP PELAJARAN
1.  Meninjau Kembali :
a.        Merangkum inti pelajaran
b.        Membuat ringkasan
2.  Mengevaluasi :
a.        Mendemonstrasikan
b.        Mengaplikasikan ide baru pada situasi lain
c.        Mengekspresikan pendapat siswa sendiri
d.        Soal – soal tertulis
3. Tindak Lanjut :
a.        Memberi PR
b.        Merencanakan/ memberi pengajaran perbaikan



……………………….
……………………….

………………………..
……………………….
……………………….
……………………….

………………………
………………………



………………….
………………….

…………………
…………………
…………………
………………….

…………………
………………….
                                                                                                                                                                                                                                                                                            Pengamat,
                                                                                               



                                                                                                                            _________________

Lampiran 2.

LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENJELASKAN

Nama Praktikan          : …………………………         Tanggal                : ………………………………
Bidang Studi               : …………………………         Sekolah                : ………………………………
Pokok Bahasan          : …………………………         Kelas                    : ………………………………
Sub Pokok Bahasan : ...…………………… .…          Pengamat:            : ………………………………
Komponen – Komponen Keterampilan
Frek. Penggunaan
Komentar
Kejelasan
1.     Guru ada menyadari keterbatasan perbendaharaan kata – kata dan ungkapan yang dimiliki siswa dan tidak ada penggunaan kalimat yang berbelit belit.
2.     Guru menghindari penggunaan kata – kata yang meragukan dan yang berlebih – lebihan
Penggunaan Contoh dan Ilustrasi
3.     Guru memberikan contoh yang cukup untuk menanamkan pengertian dan kejelasannya
4.     Guru menggunakan contoh yang relevan dengan sifat dari penjelasan itu
5.     Contoh yang digunakan guru sesuai dengan usia, pengetahuan, dan latar belakang siswa.
Pengorganisasian
6.     Guru menunjukkan dengan jals pola atau struktur sajian, khususnya hubungan antara contoh – contoh dan generalisasi (hukum, rumus)
7.     Guru memberikan ikhtisar butir – butir penting, baik selama pelajaran maupun pada akhir pelajaran, dan bila perlu memberikan penjabaran tambahan.
Penekanan
8.        Guru mengadakan variasi suara dalam meberikan penekanan pada hal – hal penting dalam penjelasannya.
9.        Butir – butir penting dalam penjelasan diberikan tekanan dengan cara mengulanginya, mengatakan dalm kalimat  yang lain atau menyebutkan satu demi satu seperti satu….dua….dst.
10.      Penekanan yang berbeda diberikan pula dengan mimik, isyarat, ataupun gerakan selama perjalanan berlangsung.
11.      Penekanan tekanan juga diberikan dengan menggunakan gambar – gambar, demonstrasi, atau benda sebenarnya.
Balikan
12.    Guru mengajukan pertanyaan utnuk mengetahui pemahaman siswa, meinat siswa, atau sikap siswa terntang relevan atau kegunaan dari penjelasan tersebut.
13.     Guru menggunakan balikan itu untuk menyesuaikan kecepatan atau mengubah maksud penjelasan itu

……………...


……………...


……………...

……………...

……………...


……………...


……………...



……………...

……………...

……………...


……………...

……………...


……………...


…………….............


…………….............


…………….............

…………….............

……………............


…………….............


……………............



……………............

……………............

……………............


……………............

……………...........


……………...........


                                                                                                                                                                                                                                                                                Pengamat
               
                                                                               

                                                                                                                ____________________
       
 Lampiran 3.
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI

Nama Praktikan         : …………………….……      Tanggal                   : …………………….
Bidang Studi              : …………………….……      Sekolah                   : …………………….
Pokok Bahasan         : …………………….……      Kelas                       : …………………….
Sub Pokok Bahasan : …………………….……       Pengamat                : …………………….

Komponen – komponen keterampilan
Frek. Penggunaan
Komentar

A. Variasi dalam gaya mengajar guru
1.        Suara
Guru memberi variasi dalam nada suara, volume suara, kecepatan suara.


……………


…………..
2.        Mimik dan Gerak
Guru mengadakan perubahan mimik dan gerak (tangan  dan badan) untuk memperjelas penyajian.

……………

…………..
3.        Kesenyapan
Guru melayangkan pandangan dan melakukan kontak pandang dengan siswanya

……………

…………..
4.        Kontak pandang
Guru melayangkan pandangan dan melakukan kontak pandang dengan siswanya

……………

…………..
5.        Perubahan Posisi
Guru bergerak dalam kelas dengan maksud berbeda – beda.

……………

…………..
6.        Pemusatan
Guru memberikan tekanan pada butir – butir yang  penting dari penyajian menggunakan bahasa lisan (seperti “dengar baik – baik”, “perhatikan ini”, dll) dan isyarat yang cocok (seperti mengangkat tangan atau menunjuk dengan jari)



……………



…………..
B. Variasi Penggunaan Media atau Alat Bantu Pelajaran
1.        Variasi Visual
Guru mempergunakan alat bantu yang dapat dilihat (menulis di papan tulis, menunjukkan gambar, atau benda,dsb.)


……………


…………..
2.        Variasi Oral
Guru menggunakan berbagai suara langsung atau rekaman dalam pengajarannya

……………

…………..
3.        Variasi alat bantu dapat dipegang dan dimanipulasi
Guru memberikan kesempatan kepada siswa memegang atau memanipulasi benda – benda alat bantu pengajaran

……………

…………..
C. Variasi Interaksi
4.        Variasi Pola Interaksi dan Kegiatan Siswa
Guru memperkenalkan perubahan  dalam pola interaksi antara dia dan siswa, siswa dengan siswa, dan juga menganekaragamkan kegiatan belajar siswa terlibat.


……………


…………..
                                                                                                               
                                                                                                                Pengamat,

                                                                                                                __________________


 Lampiran 4.
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN BERTANYA DASAR

Nama Praktikan         : …………………….……      Tanggal                   : …………………….
Bidang Studi              : …………………….……      Sekolah                   : …………………….
Pokok Bahasan         : …………………….……      Kelas                       : …………………….
Sub Pokok Bahasan : …………………….……       Pengamat                : …………………….

Komponen-Komponen Keterampilan
Frekuensi
penggunaan
K o m e n t a r
Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
Pemberian acuan
Pemusatan
Pemindahan giliran
Penyebaran :
bd14868_  Pertanyaan ke seluruh kelas
bd14868_  Menyebarkan respon siswa
Pemberian waktu berpikir
Pemberian tuntunan :
bd14868_  Pengungkapan pertanyaan dengan cara lain
bd14868_  Menyatakan pertanyan yang lebih sederhana
bd14868_  Mengulangi penjelasan-penjelasan sebelumnya



………………….
………………….
………………….
………………….

………………….
………………….
………………….

………………….

………………….

………………….



…………………..
…………………..
…………………...
…………………..

…………………..
…………………..
…………………..

…………………..

…………………..

…………………..

                                                                                                                                                         
                                                                                                    Pengamat,


               


                                                                                                  _______________________



 Lampiran 5.

LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN BERTANYA LANJUT

Nama Praktikan       : …………………….……       Tanggal                   : …………………….
Bidang Studi            : …………………….……       Sekolah                   : …………………….
Pokok Bahasan        : …………………….……       Kelas                       : …………………….
Sub Pokok Bahasan : …………………….……       Pengamat                : …………………….

Komponen-Komponen Keterampilan
Frekuensi
penggunaan
K o m e n t a r
Pengubahan tuntunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan :
a.     Ingatan
b.     Pemahaman
c.     Penerapan
d.     Analisis
e.     Sintesis
f.      Evaluasi
Urutan pertanyaan
Pertanyaan pelacak :
Ø  Klarifikasi
Ø  Pemberian Alasan
Ø  Kesepakatan Pandangan
Ø  Ketepatan
Ø  Relevan
Ø  Contoh
Ø  Jawaban Kompleks
Mendorong terjadinya interaksi antar siswa


…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………

…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………




………………………...
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………

…………………………..
………………………….
…………………………..
…………………………..
………………………….
…………………………..
…………………………..
…………………………..


                                                                                                                                                 

                                                                                Pengamat,



                                                                                _________________________


Lampiran 6.
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN

Nama Praktikan         : …………………….……      Tanggal                   : …………………….
Bidang Studi              : …………………….……      Sekolah                   : …………………….
Pokok Bahasan         : …………………….……      Kelas                       : …………………….
Sub Pokok Bahasan : …………………….……       Pengamat                : …………………….

Komponen-Komponen Keterampilan
Frekuensi
penggunaan
K o m e n t a r (Tepat, tidak tepat, efektif, tidak ada respon, dll)
Komponen :
Ø  Penguatan verbal
Ø  Penguatan berupa mimik dan gerak badan
Ø  Penguatan dengan cara mendekati
Ø  Penguatan dengan sentuhan
Ø  Penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan
Ø  Penguatan berupa simbol atau benda



…………………

…………………
…………………
…………………

…………………


……………………

……………………
……………………
……………………

……………………


Cara Penggunaan :
Ø  Penguatan kepada sekelompok siswa
Ø  Penguatan kepada pribadi tertentu
Ø  Pemberian penguatan dengan segera
Ø  Penguatan tak penuh
Ø  Variasi dalam penggunaan




…………………

…………………
…………………

…………………
………………….



……………………

……………………
……………………

……………………
…………………….

Prinsip penggunaan :
Ø  Kehangatan dan keantusiasan
Ø  Kebermaknaan
Ø  Menghindari penggunaan respon yang negatif


……………………………………
…………………


…………………….
…………………………………………

                                                                                                                                                               


                                                                                                                Pengamat,

                                                                                                                                               
                                                                                                                ________________ 

Tidak ada komentar: