Lampiran 1.
LEMBAR OBSERVASI
KETERAMPILAN MEMBUKA DAN
MENUTUP PELAJARAN
Nama Praktikan : ………………………… Tanggal :
………………………………
Bidang Studi : ………………………… Sekolah :
………………………………
Pokok Bahasan : ………………………… Kelas : ………………………………
Sub
Pokok Bahasan : ...…………………… .… Pengamat: :
………………………………
Komponen –
komponen Keterampilan
|
Frekuensi
Penggunaan
|
Komentar
|
MEMBUKA
PELAJARAN
1.
Menarik perhatian siswa :
a.
Memilih
posisi (di depan, di tengah, di belakang
Memilih kegiatan (membaca, bercerita,
demonstrasi)
b.
Penggunaan Alat
– Alat Bantu Mengajar :
Gambar
Model
Skema
c.
Pola intruksi yang bervariasi
Guru - Guru
Siswa - Guru
Siswa - Siswa
2.
Menimbulkan motivasi :
a.
Kehangatan dan keantusiasan
b.
Menimbulkan rasa ingin tahu
c.
Mengemukakan ide
d.
Memperhatikan minat siswa
3.
Memberikan acuan (structuring) :
a.
Mengemukakan tujuan dan batas –
batas tugas
b.
Menyarankan
langkah – langkah yang akan dilakukan
c.
Mengingatkan
masalah pokok yang akan dibahas
d.
Mengajukan pertanyaan – pertanyaan
|
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
|
………………….
………………….
…………………
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
|
MENUTUP
PELAJARAN
1. Meninjau
Kembali :
a.
Merangkum inti pelajaran
b.
Membuat ringkasan
2.
Mengevaluasi :
a.
Mendemonstrasikan
b.
Mengaplikasikan
ide baru pada situasi lain
c.
Mengekspresikan pendapat siswa
sendiri
d.
Soal – soal tertulis
3. Tindak Lanjut :
a.
Memberi PR
b.
Merencanakan/ memberi pengajaran
perbaikan
|
……………………….
……………………….
………………………..
……………………….
……………………….
……………………….
………………………
………………………
|
………………….
………………….
…………………
…………………
…………………
………………….
…………………
………………….
|
Pengamat,
_________________
Lampiran 2.
LEMBAR
OBSERVASI
KETERAMPILAN
MENJELASKAN
Nama
Praktikan : ………………………… Tanggal :
………………………………
Bidang
Studi : ………………………… Sekolah :
………………………………
Pokok
Bahasan : ………………………… Kelas :
………………………………
Sub
Pokok Bahasan : ...…………………… .… Pengamat: :
………………………………
Komponen –
Komponen Keterampilan
|
Frek.
Penggunaan
|
Komentar
|
Kejelasan
1.
Guru ada
menyadari keterbatasan perbendaharaan kata – kata dan ungkapan yang dimiliki
siswa dan tidak ada penggunaan kalimat yang berbelit belit.
2.
Guru
menghindari penggunaan kata – kata yang meragukan dan yang berlebih – lebihan
Penggunaan
Contoh dan Ilustrasi
3. Guru
memberikan contoh yang cukup untuk menanamkan pengertian dan kejelasannya
4.
Guru
menggunakan contoh yang relevan dengan sifat dari penjelasan itu
5. Contoh
yang digunakan guru sesuai dengan usia, pengetahuan, dan latar belakang
siswa.
Pengorganisasian
6. Guru
menunjukkan dengan jals pola atau struktur sajian, khususnya hubungan antara
contoh – contoh dan generalisasi (hukum, rumus)
7. Guru
memberikan ikhtisar butir – butir penting, baik selama pelajaran maupun pada
akhir pelajaran, dan bila perlu memberikan penjabaran tambahan.
Penekanan
8.
Guru mengadakan variasi suara dalam
meberikan penekanan pada hal – hal penting dalam penjelasannya.
9.
Butir – butir penting dalam
penjelasan diberikan tekanan dengan cara mengulanginya, mengatakan dalm
kalimat yang lain atau menyebutkan
satu demi satu seperti satu….dua….dst.
10.
Penekanan yang
berbeda diberikan pula dengan mimik, isyarat, ataupun gerakan selama
perjalanan berlangsung.
11.
Penekanan
tekanan juga diberikan dengan menggunakan gambar – gambar, demonstrasi, atau
benda sebenarnya.
Balikan
12. Guru mengajukan pertanyaan utnuk mengetahui
pemahaman siswa, meinat siswa, atau sikap siswa terntang relevan atau
kegunaan dari penjelasan tersebut.
13. Guru menggunakan balikan itu untuk
menyesuaikan kecepatan atau mengubah maksud penjelasan itu
|
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
……………...
|
…………….............
…………….............
…………….............
…………….............
……………............
…………….............
……………............
……………............
……………............
……………............
……………............
……………...........
……………...........
|
Pengamat
____________________
Lampiran 3.
LEMBAR
OBSERVASI
KETERAMPILAN
MENGADAKAN VARIASI
Nama
Praktikan : …………………….…… Tanggal : …………………….
Bidang
Studi : …………………….…… Sekolah : …………………….
Pokok
Bahasan : …………………….…… Kelas
: …………………….
Sub
Pokok Bahasan : …………………….…… Pengamat
: …………………….
Komponen –
komponen keterampilan
|
Frek.
Penggunaan
|
Komentar
|
A. Variasi
dalam
1.
Suara
Guru memberi variasi dalam nada suara, volume suara, kecepatan suara.
|
……………
|
…………..
|
2.
Mimik dan Gerak
Guru
mengadakan perubahan mimik dan gerak (tangan
dan badan) untuk memperjelas penyajian.
|
……………
|
…………..
|
3.
Kesenyapan
Guru melayangkan pandangan dan melakukan kontak pandang dengan siswanya
|
……………
|
…………..
|
4.
Kontak pandang
Guru melayangkan pandangan dan melakukan kontak pandang dengan siswanya
|
……………
|
…………..
|
5.
Perubahan Posisi
Guru bergerak dalam kelas dengan maksud berbeda – beda.
|
……………
|
…………..
|
6.
Pemusatan
Guru
memberikan tekanan pada butir – butir yang
penting dari penyajian menggunakan bahasa lisan (seperti “dengar baik
– baik”, “perhatikan ini”, dll) dan isyarat yang cocok (seperti mengangkat
tangan atau menunjuk dengan jari)
|
……………
|
…………..
|
B. Variasi Penggunaan Media atau Alat Bantu Pelajaran
1.
Variasi Visual
Guru
mempergunakan alat bantu yang dapat dilihat (menulis di papan tulis,
menunjukkan gambar, atau benda,dsb.)
|
……………
|
…………..
|
2.
Variasi Oral
Guru
menggunakan berbagai suara langsung atau rekaman dalam pengajarannya
|
……………
|
…………..
|
3.
Variasi alat bantu dapat dipegang
dan dimanipulasi
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa memegang atau memanipulasi benda – benda
alat bantu pengajaran
|
……………
|
…………..
|
C. Variasi
Interaksi
4.
Variasi Pola
Interaksi dan Kegiatan Siswa
Guru
memperkenalkan perubahan dalam pola
interaksi antara dia dan siswa, siswa dengan siswa, dan juga menganekaragamkan
kegiatan belajar siswa terlibat.
|
……………
|
…………..
|
Pengamat,
__________________
Lampiran 4.
LEMBAR
OBSERVASI
KETERAMPILAN
BERTANYA DASAR
Nama
Praktikan : …………………….…… Tanggal : …………………….
Bidang
Studi : …………………….…… Sekolah : …………………….
Pokok
Bahasan : …………………….…… Kelas
: …………………….
Sub
Pokok Bahasan : …………………….…… Pengamat
: …………………….
Komponen-Komponen
Keterampilan
|
Frekuensi
penggunaan
|
K
o m e n t a r
|
Pengungkapan
pertanyaan secara jelas dan singkat
Pemberian
acuan
Pemusatan
Pemindahan
giliran
Penyebaran
:
Pertanyaan ke seluruh kelas
Menyebarkan respon siswa
Pemberian waktu berpikir
Pemberian tuntunan :
Pengungkapan pertanyaan dengan cara lain
Menyatakan pertanyan yang lebih sederhana
Mengulangi penjelasan-penjelasan sebelumnya
|
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
………………….
|
…………………..
…………………..
…………………...
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
…………………..
|
Pengamat,
_______________________
Lampiran 5.
LEMBAR
OBSERVASI
KETERAMPILAN
BERTANYA LANJUT
Nama
Praktikan : …………………….…… Tanggal :
…………………….
Bidang
Studi : …………………….…… Sekolah :
…………………….
Pokok
Bahasan : …………………….…… Kelas
: …………………….
Sub
Pokok Bahasan : …………………….…… Pengamat
: …………………….
Komponen-Komponen
Keterampilan
|
Frekuensi
penggunaan
|
K
o m e n t a r
|
Pengubahan tuntunan tingkat kognitif dalam
menjawab pertanyaan :
a.
Ingatan
b.
Pemahaman
c.
Penerapan
d.
Analisis
e.
Sintesis
f.
Evaluasi
Urutan
pertanyaan
Pertanyaan
pelacak :
Ø Klarifikasi
Ø Pemberian
Alasan
Ø Kesepakatan
Pandangan
Ø Ketepatan
Ø Relevan
Ø Contoh
Ø Jawaban
Kompleks
Mendorong terjadinya interaksi antar siswa
|
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
|
………………………...
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………
…………………………..
………………………….
…………………………..
…………………………..
………………………….
…………………………..
…………………………..
…………………………..
|
Pengamat,
_________________________
Lampiran 6.
LEMBAR
OBSERVASI
KETERAMPILAN
MEMBERI PENGUATAN
Nama
Praktikan : …………………….…… Tanggal : …………………….
Bidang
Studi : …………………….…… Sekolah : …………………….
Pokok
Bahasan : …………………….…… Kelas
: …………………….
Sub
Pokok Bahasan : …………………….…… Pengamat
: …………………….
Komponen-Komponen
Keterampilan
|
Frekuensi
penggunaan
|
K o m e n t a r (Tepat, tidak tepat, efektif, tidak
ada respon, dll)
|
Komponen :
Ø Penguatan
verbal
Ø Penguatan berupa mimik dan gerak badan
Ø Penguatan
dengan cara mendekati
Ø Penguatan
dengan sentuhan
Ø Penguatan
dengan kegiatan yang menyenangkan
Ø Penguatan
berupa simbol atau benda
|
…………………
…………………
…………………
…………………
…………………
|
……………………
……………………
……………………
……………………
……………………
|
Cara
Penggunaan :
Ø Penguatan
kepada sekelompok siswa
Ø Penguatan
kepada pribadi tertentu
Ø Pemberian
penguatan dengan segera
Ø Penguatan
tak penuh
Ø Variasi
dalam penggunaan
|
…………………
…………………
…………………
…………………
………………….
|
……………………
……………………
……………………
……………………
…………………….
|
Prinsip
penggunaan :
Ø Kehangatan
dan keantusiasan
Ø Kebermaknaan
Ø Menghindari
penggunaan respon yang negatif
|
……………………………………
…………………
|
…………………….
…………………………………………
|
Pengamat,
________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar