Kamis, 01 Juni 2017

Asal Mula Dayak Pangkodant Atau Kodan't

Dayak Pangkodant/Kodant, yaitu Suku Dayak yang berasal dari Kabupaten Sanggau, Kecamatan Sanggau Kapuas, Kalimantan Barat.
Suku Dayak Pangkodant/Kodant, terdiri dari beberapa kampung yang tergolong masuk atau terdaftar dalam Suku Dayak Pangkodant/Kodant tersebut, yaitu :
  1. Desa Lape
  2. Dusun Berancet
  3. Dusun Keladau
  4. Embaong
  5. Sai.Mawang 
  6. Rantau
  7. Sanjan
  8. Nyandang dan
  9. Tokang
Konon Katanya di daerah kampung Rantau terdapat Tembawang Durian milik bersama yang sekarang mungkin masih ada dan itu semua adalah peninggalan nenek moyang suku dayak pangkodant/kodant.
Di kampung Rantau sekarang ini, sudah berdiri rumah adat dayak yang berada di Dorik Mpulor, itu adalah rumah adat yang biasanya untuk mempertemukan semua suku-suku dayak yang ada di kalimantan barat, khususnya untuk suku yang ada di kabupaten sanggau dalam suatu acara yang disebut gawai dayak. Rumah adat tersebut dinamakan Rumah Betang.
Suku Dayak Pangkodant/Kodant termasuk suku dayak yang terkecil dari suku-suku yang lain, sehingga nama sukunya kurang terkenal, seperti suku dayak jangkang, suku dayak padu' dan suku-suku dayak yang lain.
Suku dayak Pangkodant/Kodant juga mempunyai tradisi seperti suku-suku dayak lain.
Yang petama ialah Berladang dalam suku Dayak Pangkodant/Kodant merupakan suatu tradisi yang sudah ada pada masa nenek moyang hidup. Kedua mengadakan Gawai Nosu Minu Podi yang biasanya dinamakan Pesta Padi, merayakan hasil panen padi. Dan masih banyak juga tradisi-tradisi yang lain yang belum saya sebutkan. Diatas itu adalah sebagian dari tradisi yang mewakili dan sering dilaksanakan suku dayak pangkodant/kodant.
Pada Zaman dahulu, suku dayak pangkodant/kodant berasal dari satu suku yaitu suku dayak jangkang karena adanya pertemuan Daranante dan babai cingak sehingga ke dua suku tersebut terpisah seiringnya waktu pada zaman tersebut. Dan untuk lebih jelasnya bisa anda baca tentang ceritanya di ⇒ Sini 
Demikianlah sekilas cerita suku dayak Pangkodant/kodant semoga artikel ini membantu anda. Dan jika dalam artikel ini belum lengkap dan belum mendalam tentang dayak pangkodant/kodant, saya mohon maaf. Mudah-mudahan saya diberi kesempatan untuk melanjutkan penulisan cerita ini. Terimakasih

Dibawah ini juga saya lampirkan Video Clip Music dan Mp3 lagu dayak pangkodant/kodant yang bisa anda download dan tonton, judulnya "Oyong Kodant" selamat menikmati. 😊😊😊😊😊💃💃

 ( Original Video Clip Music-Youtube )

Mp3 Lagunya silahkan di


Tidak ada komentar: